Tahapan Pertumbuhan Bayi sampai 6 Bulan sesuai Tingkatannya

Buat Anda yang baru memiliki anak pertama penting sekali untuk mengetahui dan memahami Pertumbuhan Bayi dengan cermat. Pengetahuan ini untuk bisa memantau dengan baik tumbuh kembang bayi agar bisa berjalan optimal. Ini tahapan pertumbuhan yang berlangsung pada bayi sampai usia 6 bulan sesuai dengan tingkatannya.

Tingkatan Kemampuan Umum
Tingkat kemampuan umum ini merupakan pertumbuhan yang dialami bayi pada umumnya. Pada tingkatan ini di usia satu bulan bayi akan memiliki kemampuan untuk mengangkat kepalanya. Bayi mulai bisa merespon suara yang didengarnya, mulai bisa memandang wajah Anda, dan dapat mengenal warna.

Pada usia dua bulan bayi akan memiliki kemampuan mengoceh dengan dengkuran dan memandang objek yang bergerak. Selain itu pada usia ini bayi juga mulai mampu menegakkan kepalanya secara perlahan.

Pada usia tiga bulan pertumbuhannya berkembang dengan mulai bisa tersenyum, tertawa, dan menahan kepalanya atau menegakkan kepalanya. Pada usia empat bulan bayi akan mulai stabil saat menegakkan kepala, mulai banyak mengoceh, dan mulai bisa menelungkup.

Pada usia kelima bulan bayi mulai bisa memeluk guling atau memutar badannya saat tertidur. Bayi sudah memiliki kemampuan menggerakkan kaki dan tangannya. Pada usia enam bulan bayi mulai bisa memeluk guling dan telungkup dengan waktu yang lama. Bayi Anda juga sudah mulai bisa mengeluarkan suara yang lebih baik dari sebelumnya.

Tingkatan Kemampuan Menengah
Pertumbuhan bayi pada tingkatan ini dimulai dengan usia satu bulan dengan kemampuan menggerakkan mata saat melihat sebuah objek. Sudah mulai mengoceh sedikit-sedikit. Di usia dua bulan bayi bisa merespon senyum yang Anda berikan, bahkan sudah bisa tertawa. Pada tingkatan ini bayi lebih cepat dalam kemampuan menegakkan kepalanya.

Pada usia tiga bulan bayi sudah bisa telungkup dan mengeluarkan suara menjerit, mendekur, dan mengoceh. Pertumbuhan bayi pada kemampuan menengah memang lebih cepat. Pada usia empat bulan bayi sudah bisa menggenggam mainan yang diberikan.

Usia lima bulan bayi sudah bisa menoleh ke sumber suara yang dia dengar, dan memberikan respon saat dipanggil namanya. Usia enam bulan bayi pun memiliki pertumbuhan yang pesat yaitu sudah mulai bisa duduk tanpa adanya bantuan. Namun, Anda tetap perlu memantaunya agar bayi tidak tersungkur.

Tingkatan Kemampuan Tinggi
Tingkat kemampuan tinggi ini tidak dialami oleh semua bayi di tahap pertumbuhannya. Kemampuan ini hanya dialami oleh bayi tertentu. Pada tingkat kemampuan ini, bayi yang usianya satu bulan sudah pandai tertawa dan sudah bisa menegakkan kepalanya.

Pada usia dua bulan bayi sudah bisa menegakkan kepalanya dengan stabil dan bayi sudah mulai lasak. Pada usia tiga bulan bayi sudah memiliki kemampuan untuk bertepuk tangan. Pertumbuhan ini terjadi begitu cepat dan tentunya membuat Anda merasa bahagia jika memiliki bayi yang cerdas.
Pada usia empat bulan sudah bisa meniru kata mama, papa, dan sebagainya. Kemudian di usia ini juga gigi pertama bayi tumbuh. Pada usia lima bulan bayi sudah pandai duduk dan memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Pada usia enam bulan kemampuannya sudah pandai merangkak, dan mulai aktif menarik benda. Lalu bayi juga semakin lincah meniru kata-kata yang didengarnya.

Pertumbuhan bayi akan mencapai tingkatan yang sesuai dengan cara Anda menstimulasinya. Pertumbuhan dan perkembangan bayi perlu dijaga dan dipantau dengan baik agar bisa berjalan secara optimal. Anda harus memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup. Salah satunya dengan memberikan susu SGM yang bisa didapatkan dengan informasi promo di generasimaju.co.id.

Postingan terkait: